Microsoft .NET Framework Version 4.0

Microsoft .NET Framework kayaknya udah ngak asing lagi ya, bagi yang belum tahu tool apa ini ayo?? merupakan sebuah tool pendukung software saat menginstall software atau program tertentu khusunya pada Windows XP, saat ini tidak jarang diperlukan Microsoft .NET Framework versi tertentu, misalnya .NET 2.0, 3.0, 3.5, 4.0 dan lainnya,,

Apa itu Microsoft .NET Framework?

Secara singkat Microsoft .NET Framework merupakan komponen yang dapat ditambahkan di sistem operasi windows, yang menyertakan berbagai kerangka solusi-solusi program. Para programmer atau pembuat software bisa menggunakan berbagai kerangka yang ada di .NET Framework ini didalam software-nya.

Sejak Windows server 2003, Microsoft .NET Framework sudah disertakan di dalam windows. Termasuk Windows Vista ( versi 3.0) dan Windows 7 (Versi 3.5). Untuk Versi dibawahnya, seperti Windows XP, maka pengguna harus menginstall sendiri Microsoft .NET Framework ini. Selengkapnya bisa melihat deskripsi di wikipedia tentang .NET Framework (versi Indonesia).

Cara Mengetahui Versi .NET Framework

Ada banyak cara untuk mengetahui versi berapa .net framework yang terinstall di komputer kita. Silahkan coba salah satu atau beberapa cara berikut :

Melalui Control Panel

Buka Control Panel > Add/Remove Programs. Disana akan tampil software-software atau program yang sudah kita install di windows. Termasuk juga .net framework. Geser saja dan lihat daftar yang diawali dengan huruf M. Jika sudah terinstall di komputer, maka akan tampil daftarnya, misalnya seperti berikut :


Terlihat bahwa .NET Framework versi 4.0 sudah terinstall di komputer.

Melalui Registry Windows

Bagi yang sudah terbiasa utak-atik atau membuka Registry Windows, versi .NET framework juga bisa diketahui melalui Registry. Buka saja key ini HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\NET Framework Setup\


Jika sudah terinstall, akan tampil versi berapa saja dengan informasi tambahan seperti lokasi installasi dan lainnya.

Dengan Software

Bagi yang ingin menggunakan software, salah satunya bisa menggunakan software asoft .NET Framework Detector. Download program kecil + portabel ini dari download link asoft.de (349 KB). Setelah selesai jalankan, maka akan tampil seperti berikut :


Angka merah menunjukkan versi .NET belum terinstall di komputer, sedangkan warna hijau menunjukan sudah di install.

Thanks to : ebsoft.web.id

Password : www.ex-dot.com
Download | Microsoft .NET Framework Version 4.0

8 Comments

Adhi said... [Reply Comment]

halo gan selamat sore postingan yg keren

Iskaruji dot said... [Reply Comment]

Yupz..memang ada beberapa software yang butuh .NET Framework saat instalasi pada Windows Xp...share yang sangat berguna!

syahida said... [Reply Comment]

Tips yang siip shob ... Punya ku juga sudah veri 4 .. thanks

cw said... [Reply Comment]

wow...net framework, memang kudu terintal di PC kita sob..

Dhana/戴安娜 said... [Reply Comment]

Salam sahabat
Wah perlu dicoba nich mas terlugat fiturnya kayaknya lebih bagus terima kasih infonya ya

Anonymous said... [Reply Comment]

lapor Link dah Broken, bisa diletakkan di mediafire gak !!! btuh neuy http://us.i1.yimg.com/us.yimg.com/i/mesg/emoticons7/102.gif

EX-DOT said... [Reply Comment]

@Anonymous : oh iya nanti saya perbaiki mas :)

igo said... [Reply Comment]

tanya dunk, kalo install netframework versi terbaru versi lama kudu di uninstall atau ga....? kali aja bikin crash....;P

Post a Comment - Back to Content

Gunakan kata-kata sopan dalam berkomentar. Komentar yang mengandung SPAM, SARA, Pornografi dsb yang mengandung kata-kata yang tidak patut untuk di komentarkan (mohon maaf) akan kami hapus.